Selasa, 13 Februari 2018

Efisien dan logis dalam belanja

Saya terbiasa memnerikan anak-anak pilian dalam belanja. Misalkan dia pengen beli mobil-mobilan. Akan saya berikan beberapa pilihan jenis mobil-mobilan dan juga alternatif mainan lain. Terkadang anak oengen sesuatu barang hanya karena pengen ikit-ikutan temannya , membeli barang yang seperti ini dampak mubazirnya lebih besar. Saat ditanya apakah anak benar-benar pengen barang itu mereka pasti akan menjelaskan panjang lebar padahal setelah dibeliin cuma dipakai sebentar.

Bukan bearti pelit, tapi dengan memberikan pilihan mengajak anak untuk berpikir bahwa yang dia beli itu sesuai untuknya dan akan mendatangkan manfaat. Menjelaskan harga suatu barang juga penting menurut saya, agar anak paham. Menjelaskan konsep mahal dan murah itu akan lebih efisien menurut saya menjelaskan nilai suatu barang dan menghargainya. Jadi anak juga mengenal konsep matematika (melalui uang). Anak juga akan paham jika menginginkan sesuatu, sebelum dia meminta akan berpikor dulu apakah dia mampu atau ibu dan ayahnya akan mamou untuk membelikannya.

#day9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lelaki Ku

Terpisah jarak dan waktu dari orang yang dicinta Pergi jauh dari tanah kelahiran demi wujudkan cita Tekad membaja sebagai bekal diri ...