Senin, 05 Februari 2018

Mengenalkan arti Sedekah

Sedekah adalah cara untuk mengenalkan arti berbagi pada anak. Mengenalkan bahwa ada hak orang lain pada harta yang kira miliki. Banyak cara untuk mengenalkan sedekah pada anak. Kalau oada anak-anak saya pertama kali mnegenalkan sedekah yaitu dengan memasukkan uang pada celengan yang ada di mesjid. Kalau untuk ngasih pengemis yang ada dijalan-jalan saya dan suami sepakat untuk tidak memberikan uang. Kenapa? Karena kami berprinsip bahwa mengemis itu tidak baik, merupakan bentuk kemalasan mereka berusaha. Akan jauh lebih terhormat dengan bekerja meskipun maa"hanya sebagai pemulung".

Dulu sempat kami membuat program jumat berbagi sarapan, jadi setiap jumat pagi saya masak dan dikemas dalam kotak-kotak. Nati anak saya dibantu ART rumah mebagikan pada pemulung, tukang kebun dan tukang sayur yang lewat depan rumah. Dengan seperti ini kami juga ingin mengenalkan berbagi bukan hanya dalam bentuk uang bisa dengan berbagai cara misalakn berbagi makanan. Dalam program berbagi yang kami buat anak-anak selalu kami libatkan sesuai porsinya. Perihal bersedekah, untuk abang sendiri ini sudha menjadi bagian rutin baginya semenjak sekolah, karena setiap hari jumat selalu ada program infak di sekolahnya mulai dari dia bersekolah di palygroup sampai sekarang SD. Nah mungkin bagi hakima mengenalkan bersedekah baru pada taraf celengan masjid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lelaki Ku

Terpisah jarak dan waktu dari orang yang dicinta Pergi jauh dari tanah kelahiran demi wujudkan cita Tekad membaja sebagai bekal diri ...