Minggu, 13 Mei 2018

Ide Bermain: Asyiknya Bermain Air

Akhir pekan adalah waktu untuk bersama keluarga. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama mengisi wakt u libur. Berlibur di rumah bisa juga menjadi pilihan menarik untuk mengisi libur akhir pekan. Kegiatan alhir pekan di rumah ini menjadi favorit bagi keluarga terutama bagi abi dan abang yang tidak terlalu suka bepergian. 

Mempunyai dua orang anak yang aktif dan satu bayi adalah PR banget untuk mencari kegiatan yang bisa mengakomodir keinginan semua. Alhamdulillah FH1&FH2 mempunyai satu aktivitas yang sama-sama mereka senangi yaitu berenang. Biasanya Abi akan mengajak berenang di kolam berenang dekat rumah, tapi kadang jika tidak sempat berenang di kolam plastik pin mereka sangat menikmati seperti kemaren.

Saya sengaja membeli kolam renang yang instan, yang bisa langsung dipakai tanpa dipompa terlebih dahulu. Bangun tidur abang sudah minta berenang . Dia mau tes kapal lego rakitannya biasa mengapung atau tenggelam. Mendengar abangnya mau berenang, FH2 pun langsung sibuk minta ganti baju renang. Anak tetangga depan rumah pun ikutan bermain air bersama. Mereka sangat bahagia dengan libur yabg hemat tapi seru ini.


Kenapa anak-anak senang sekali bermain air?

Adakah anak-anak yang tidak suka bermain air? Sepertinya semua anak suka ya dengan bermain air, jika pun ada yang tidak suka pasti mereka pernah mengalami sesuatu yang tidak menyenangkan berkaitan dengan air sehi gga membuat trauma. Selama sembilan bulan lebih berada di rahim ibu yang dilindungi oleh air membuat mereka sudah akrab dengan air semenjak dilahirkan. Bayi yang baru lahir akan menunjukkan ekspresi bahagia ketika dimandikan. Begitu juga dengan FH1 dan FH2, mandi menjadi aktivitas favorit apalagi kalau dapat lampu hijau untuk bermain air. Mereka tidak akan berhenti kalau tidak "dipaksa" berhenti meskipun mereka sudah kedinginan, bibir membiru dan jari-jari tangan keriput. Tak heran jika tagihan PDAM tiap bulan diatas rata-raya seharusnya pemakaian normal. Satu lagi aktivitas bermain air yang disenabgi anak-anak adalah main hujan. Ekpresi mereka saat diizinkan bermain hujan melebihi senangnya ekpresi bahagia ketika dibelikan mainan. Izin untuk main hujan ini memang agak sedikit lebih ketat aturannya, karena tidak setiap saat hujan itu baik untuk bermain. Hujan gerimis dn terlalu deras malah bisa berbahaya untuk anak-anak. Kondisi anak-anak sebelum bermain hujan-hujanan harus dalam keadan sehat.

Begitu menyenangkan aktivias yang melibatkan air ini, apakah ada pngaruhnya untuk mereka? Ternyata bermain air memlubyai banyak manfaat untuk anak-anak terutama untuk balita sangat membantu perkembangan motoriknya. Berikut beberapa manfaat bermain air untuk anak-anak yang dikutip dari website ibudanmama.com:
  • Perkembangan fisik
    Si Kecil lonjak-lonjak kegirangan setelah menyiprat-nyipratkan air, menepuk, dan menuangkan air dari gayung ke ember. Aktivitas si Kecil ini mendorong koordinasi tangan, mata, dan juga ketangkasan tangannya.
  • Belajar memecahkan masalah
    Ketika melihat mainannya ada yang tenggelam dan mengapung di dalam air, si Kecil akan belajar bahwa tidak semua benda mengapung di air. Hal ini akan membuatnya mempelajari sebab dan akibat.
  • Mengendalikan emosi
    Berendam di air hangat bisa membuat orang dewasa merasa nyaman dan tenang. Bagi si Kecil, bermain air bisa membuat emosinya lebih tenang dan gembira. Aktivitas menyiram, menyiprat-nyipratkan air, dan menghentakkan kakinya di bak berisi air menjadi cara sederhana bagi anak untuk mengekspresikan emosinya.
  • Mengembangkan kreativitas
    Anak-anak bisa mengembangkan kreativitas dengan bermain air. Berbagai ide baru bisa dilakukannya saat bermain air, seperti berimajinasi dengan mainannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lelaki Ku

Terpisah jarak dan waktu dari orang yang dicinta Pergi jauh dari tanah kelahiran demi wujudkan cita Tekad membaja sebagai bekal diri ...