Selasa, 06 Juni 2017

Tantangan komunikasi produktif : Hari keenam

Komunikasi merupakan sesuatu yang memegang peranan penting dalam hubungan sosial antar individu, termasuk dengan pasangan. Seringkali permasalahan dimulai karena adanya komunikasi yang kurang baik atau miss communication. Menurut saya menyelaraskan komunikasi dengan pasangan itu adalah seumur hidup sama hal nya dengan merawat cinta.

 Bagi saya dan suami prinsip 7 - 38 -55 biasanya lebih efektif untuk saling memahami maksud masing2. Diawali dengan ini kemudian baru kami berdua ngobrol untuk menjelaskan dan mengklarifikasi apa yang masing-masing diinginkan. Dalam hal komunikasi ini kami juga sudah punya kesepakatan, sehubungan kami berdua bekerja di ranah publik, selama jam kantor komunikasi hanya dilakukan untuk hal-hal yang memang perlu dibicarakan saat itu. Jika tidak perlu dan butuh waktu khusus maka saat jam kantor hanya minta izin waktu nanti sepulang kerja ada yang mau didiskusikan.

Teringat dulu waktu awal-awal menikah, layaknya mungkin pasangan lain. Saya rajin sms suami minimal 2 kali sehari dengan pertanyaan : sudah sampai kantor?, sudah makan siang?  Dan sejenisnya. Biasanya cuma dijawab singkat atau kadang malah ga dijawab 😅 Akhirnya suami konfirmasi ke saya kalau bagi dia sms semacam itu cukup mengganggu selama jam kerja. Saya pun sebenarnya melakukan hal itu hanya sebagai ungkapan perhatian. Karena takutnya kalau tidak ditanya suami menyangka saya tidak perhatian.eh..  ternyata dugaan saya salah 😂 Akhirnya kami sepakat sms semacam itu ditiadakan kecuali kalau memang lagi dinas luar kota boleh bertanya hal seperti itu. Jadi sekarang lebih banyak berusaha menciptakan komunikasi dua arah antara saya dan suami. Bukan semacam FAQ yang satu bertugas bertanya dan satunya hanya menjawab. 

#gameLevel1
#Komunikasproduktif
#day6
#kelasbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lelaki Ku

Terpisah jarak dan waktu dari orang yang dicinta Pergi jauh dari tanah kelahiran demi wujudkan cita Tekad membaja sebagai bekal diri ...