Sabtu, 03 Juni 2017

Tantangan 10 hari KomProd: Kontrol Emosi part#2

"Abang ga boleh gitu"
"Abang jangan gitu nak ke adek.kasian adeknya"
"Abaaang... telinganya dengar ga, umi bilang apa? 😈"

Beberapa kalimat diatas sering banget terucap dari mulut saya saat abang iseng  sama kima. Mulai dari nada yang biasa saja sampai keluar tanduk (maap keun🙏) Padahal setelah keluar tanduk tersebut saya selalu menyesal dan minta maaf. Tapi ya begitu juga nanti terulang lagi saat mereka berdua berantem lagi. Banyak2 istigfar dan tarik nafas.

Ternyata kalimat2 diatas tidak produktif dalam menyelesaikan konflik adek kakak ini yang ada malah abang tetap lanjut iseng sama sang adek.

Saya mulai mengamati, setiap berantem biasanya adek selalu merajuk minta pertolongan. "Umiiii..." dan spontan saya pasti akan langsung bela adek dan menasehati abang. Ternyata ini salah karena adek jadi kebiasaan dan abang merasa tidak terima karena terkdang pemicu mereka berantem dimulai dari adek yang duluan iseng sama abang 🙇

Saat mereka berantem, adek pun merajuk saya cuekin saja. Pergi menghindar tapi sambil intip2. Takut juga kalo sampai membahayakan berantemnya. Saya ngasih waktu pada mereka berdua untuk menyelesaikan masalahnya. Ya saya harus tahan saja mendengar teriakan mereka beberapa saat. Alhamdulillah cara ini lumayan berhasil menenangkan mereka. Saya pun sekarang tidak langsung menasehati abang. Saat kondisi tenang saya
ajak abang ngobrol. Menanyakan kenapa tadi berantem. saat diskusi ini saya usahakan abang dalam posisi senyaman mungkin, dipangku atau sambil dielus2. Biasanya abang akan cerita semuanya dengan jelas dan saya jadi paham akar masalahnya.

#level1
#day3
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lelaki Ku

Terpisah jarak dan waktu dari orang yang dicinta Pergi jauh dari tanah kelahiran demi wujudkan cita Tekad membaja sebagai bekal diri ...