Kamis, 23 Februari 2017

LEARNING HOW TO LEARN

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah sudah memasuki pekan kelima menimba ilmu melalui matriks IIP. Setiap pekan dibimbing pelan-pelan untuk menentukan tujuan dan menggali potensi, berubah ke arah yang lebih baik dan bermanfaat. Dari mulai diminta menentukan jurusan ilmu yang oengen ditekuni dan sampai kemaren di NHW#4 sudah memantapkan hati untuk menekuni suatu ilmu dan menetapkan milestone.
Pada pekan lalu saya sudah memantapkan diri untuk menekuni bidang "mompreneurship" dan menentukan tahap2 ilmu apa saja yang harus saya pelajari.  Tentunya untuk mempelajari itu semua harus disusun suatu desain pembelajaran untuk mencapai misi. Karena bidang yang akan saya pelajari disini adalah momprenuership, bearti ada dua bagian pokok disana, saya sebagai ibu dan sebagai entreprenuer. Kedua hal ini akan coba saya rumuskan agar sama-sama sejalan sehingga tidak ada yang terkorbankan dalam mempelajari ilmu tersebut.

Saya sudah menetapkan milestone pada NHW#4, milestone ini saya anggap sebagai acuan kurikulum dasar dalam pembelajaran ini. Saya akan mempelajari berdasarkan pokok bahasan yang saya buat yaitu : kepemimpinan dan manajemen, marketing, kreativitas dan inovasi , Pengelolaan keuangan, Pengelolaan dan Pengembangan SDM. Dalam mempelajari setiap tahapan ilmu tersebut , harus diuji apakah sudah peham dan terlaksana dengan baik. Jadi dalam menentukan desain pembelajaran tersebut maka saya menentukan poin-poin berikut :

1. Untuk siapa pembelajara ini? Jawab: untuk saya 
2. Metode seperti apa yang akan digunakan ? Jawab : Teori dan praktek
3. Darimana sumber ilmu didapatkan? Jawab : internet, buku dan praktek langsung di lapangan
4. Apa indikator keberhasilan ? Jawab : Jika sudah memenuhi target yang dibuat
5. Siapa saja yang akan menjadi "support system" selama pembelajaran ini? Jawab: Suami dan anak-anak
6. Siapa yang akan menjadi pemandu dalam pembelajaran ini? Jawab : Tentor dan suami
7. Bagaimana evaluasi dari pembelajaran ini? Jawab : Membuat rekapitulasi bulanan, hal-hal apa saja yang sudah terlaksana, dan apa yang belum



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lelaki Ku

Terpisah jarak dan waktu dari orang yang dicinta Pergi jauh dari tanah kelahiran demi wujudkan cita Tekad membaja sebagai bekal diri ...