Selasa, 03 April 2018

Ibu Nusantara

Adzan ashar berkumandang dari mushalla di samping rumah ku. Anak-anak yang tengah asyik bermain polok seketika bubar dan berjalan menuju mushalla. Mereka sungguh anggun dengan baju kurung dan jilbab putihnya.

Terlahir sebagai seorang wanita di tanah sumatera yang merupakan salah satu pulau di wilayah nusantara membuat saya akrab dengan baju longgar dan jilbab dari kecil. Baju longgar tersebut kami sebut dengan baju kurung, dimana bajunya berlengan panjang dan bawahan rok.

Pakaian menunjukkan identitas seseorang, layaknya kebaya dan konde yang berasal dari pulau jawa begitu pun baju kurung dan kerudung bagi masyarakat sumatera yang kental dengan budaya melayu. Identitas yang tidak membatasi mereka untuk saling berkreasi dan bekerjasama. Sebatas identitas yang tidak menghilangkan rasa sayang dan persatuan diantara mereka. Identitas yang menunjukkan mereka juga bagian dari kaum ibu di nusantara ini. Kaum ibu yang menjadi penentu kualitas generasi akan datang.

Sayup-sayup terdengar suara riuh rendah alunan ayat suci dari jendela kamar ku. Suara yang menentramkan jiwa, menenangkan pikiran dan hati dari semberawut negeri ini. Ah..tiba-tiba aku ingin kembali ke masa kecil ku, merasakan hal yang sama dengan adik-adik yang lagi mengaji di mushalla. Hidup yang penuh damai dan tentram. Semoga dimasa kalian dewasa nanti bisa tetap kalian rasakan rasa seperti sore ini.

Sudut kamar ku, 4 April 2018
Fifia Zulti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lelaki Ku

Terpisah jarak dan waktu dari orang yang dicinta Pergi jauh dari tanah kelahiran demi wujudkan cita Tekad membaja sebagai bekal diri ...